Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

Tanggapan Pemerintah Indonesia Terkait Bantuan Palestina Dan Papua

Timika - Pemerintah Indonesia tahun 2002 lalu menyetujui program Otonomi Khusus (Otsus) Daerah di Provinsi Papua dengan nilai yang cukup fantastis yaitu puluhan triliun yang diberikan pada setiap tahunya kepada pemerintah daerah, tercatat pada tahun 2002 hingga 2018 dengan jumlah total Rp 67 Trilliun, Jumat 15/03/2019.

 
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Indonesia

Otonomi Khusus di Papua ditetapkan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia pada tahun 1999 - 2000 yang bertujuan untuk membangun kepercayaan rakyat papua kepada pemerintah, serta merupakan langkah strategis untuk menuntaskan penyelesaian masalah - masalah di Provinsi Papua.

Tentunya dengan di gelontorkan anggaran Otsus sejumlah puluhan triliun tersebut tidak dijadikan sebagai alasan untuk pemda Papua setempat yang notabenenya tidak mendapatkan perhatian khusus dan tidak menanyakan bentuk protes terhadap pemerintah Indonesia dengan harapan dapat mengelola anggaran otsus dengan baik, dan menyalurkan anggaran tersebut sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

Serta dengan muncul pemberitaan bahwa pemerintah indonesia mengucurkan dana 15 milyar untuk Palestina sedangkan yang di Papua adanya operasi militer oleh arapat keamanan hanya pengalihan opini semata, terbukti dari dulu pemerintah Indonesia dengan tegas dan menyatakan tetap akan memberikan perhatian terhadap provinsi  Papua dengan program Otsus yang juga disetujui oleh Majelis Rakyat Papua (MRP).

Dan apa yang dilakukan oleh menteri luar negeri Indonesia terhadap Palestina sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap negara tersebut, mengapa! Karena negara Palestina dengan keadaan sekarang lagi gencar - gencarnya dilakukan serangan militer oleh Tentara Israel terhadap penduduk Palestina, sehingga warga Palestina kehilangan tempat tinggal, kekurangan bahan makanan, dan tentunya membutuhkan dana yang cukup besar untuk memulihkan keadaan yang ada di negara tersebut.

Semenjak pemberitaan yang dikeluarkan oleh salah satu media dengan dalih pemerintah Indonesia lebih mempertimbangkan Palestina daripada Papua diharapkan tidak terprovokasi oleh pemberitaan tersebut, karena untuk sampai sekarang pemerintah Indonesia sedang fokus dalam pengerjaan proyek infrastruktur dan pembangunan Papua dan tentunya tetap menjalankan program Otsus di wilayah papua.




Danilo Wenno

Tidak ada komentar