Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

Kapolres Jayapura Kota : Peran Masyarakat Dan Satpam Sangat Penting Dalam Menghadapi Kerawanan Kamtibmas

Jayapura – Karakteristik potensi kerawanan Kamtibmas yang khas pada pesta demokrasi Pileg dan Pilpres yang digelar secara serentak pada 17 April 2019 mendatang, membutuhkan dukungan dan peran aktif masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan (Satpam).


Kapolres Jayapura Kota Akbp  Gustav Urbinas

 Hal itu diungkapkan Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK  selaku inspektur upacara dalam upacara memperingati HUT Satpam ke-38 di Taman Imbi Jayapura. Jumat (11/01/2019).

“Menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat termasuk Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya,” ujat Kapolres.
Sehubungan dengan konteks tersebut, peringatan HUT Satuan Pengamanan Tahun 2018 ini mengangkat thema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”.
Dalam kesempatan tersebut Kapolres juganmengungkapkan bahwa jika ditinjau dari perspektif keamanan, karakteristik potensi kerawanan yang khas pada Pileg dan Pilpres bica muncul karena digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019.

“Kondisi tersebut memunculkan beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi, baik dalam tahap kampanye, pemungutan suara, penghitungan maupun rekapitulasi suara, diantaranya potensi pemanfaatan Isu SARA dan Politik identitas serta penyebaran hoax yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial,” ucap Kapolres.
Kegiatan Upacara selesai dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dari Kapolres Jayapura Kota kepada empat orang Satpam yang berprestasi serta pemotongan tumpeng dan peragaan belada diri polri oleh Satuan Pengamanan (Satpam).

Turut hadir pada upacara tersebut Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Johanis Parinussa, Kasubdit Satpam Binmas Polda Papua AKBP Dwi Iriani, Kasubdit Kerma Binmas Polda Papua AKBP Wartono, Wakapolres Jayapura Kota Kompol Heru Hidayanto, S.Sos, Kabag Ops Kompol Nursalam Saka, S.Pd, Direktur BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) PT Adam Baharu, Yan Waroy, Direktur BUJP PT. Sonay Raya Aplena Samber, Direktur BUJP PT. Toseri Utama Hamid Ambarak, SE, Direktur BUPJ PT. DSP Nur Julaila, Direktur BUJP PT. Bina Karya Perkasa Bakri serta tamu undangan.


Danilo Wenno



Tidak ada komentar