Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

Bupati Nduga Tanggapi Terkait Beredarnya Pemberitaan Gembala Geimin Nirini

Jayapura – Banyaknya isu negatif yang tersebar di Media Sosia (Medsos) terkait Kabupaten Nduga beberapa hari belakangan ini, membuat Bupati Nduga Yairus Gwijangge angkat bicara terkait situasi  di Kab. Nduga, Kamis (10/01/2018).
Bupati Nduga/ Yairus Gwijangge
"Jangan lagi menyebarkan isu yang tidak bertanggungjawab, lebih baik datang ke sini (Nduga) dan melihat persoalan yang sebenarnya dan jangan juga mau terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab," kata Yairus

Menurut Bupati Nduga Yairus Gwijangge, berbagai isu yang beredar di luar Nduga, kebanyakan tidak benar adanya, sehingga diperlukan sikap bijak dan arif dalam menerima informasi atau menyebarkannya lagi, dengan harapan tidak membuat kegaduhan di tengah warga.

"Jangan kembangkan isu kemana-mana bahwa kondisi Nduga begini, kondisi Nduga begitu, orang lakukan begini, orang lakukan begitu. Kalau mau lihat dengan mata kepala sendiri, lebih baik datang ke Nduga, daripada bicara dan kembangkan hal atau isu yang tidak benar," kata Yairus.

Yairus Gwijangge menambahkan bahwa Kehadiran Personel TNI dan Polri di Nduga dan sekitarnya sedang melaksanakan tugas negara untuk membantu pemerintah dalam hal memastikan keamanan warga dan kedaulatan negara, sehingga warga di daerah itu tidak perlu takut hingga lari ke hutan-hutan.

“Selaku Bupati Saya berharap agar kelompok-kelompok yang mendukung kelompok separatis Papua tidak membuat isu negatif tehadap Nduga sehingga Masyarakat tidak terprovokasi dengan isu-isu bohon tersebut,”imbuh Bupati Nduga Yairus Gwijangge.

Sementara itu diketahui kematian Pdt. Geimin Nirini dari keterangan anaknya bahwa saat itu dirinya bersama almarhum Pdt. Geimin Nirini berjalan ke distrik paro, namun ditengah perjalanan almarhum menyampaikan kepada anaknya untuk kali ke Mapenduma dan meminta anaknya untuk meneruskan perjalanan ke distrik paro.

Beberapa hari kemudian anaknya kembali ke Mapenduma untuk menemui ayahnya namun ditemukan adalah jenazah dari ayahnya yang sudah dibakar disamping rumahnya.

Kabar yang berkembang Pdt. Geimin Nirini meninggal akibat kekerasan yang dilakukan oleh TPN OPM pimpinan Egianus Kogoya, namun sampai saat ini belum ada warga Mapenduma yang mau memberikan keterangan terkait peristiwa itu.

Informasi yang berkembang juga mereka tidak mau menceritakan peristiwa tersebut lantaran adanya ancaman dari Egianus Kogoya.

Aparat kepolisian yang ditemui di lokasi juga belum bisa memberikan keterangan dikarenakan jasad Pdt. Geimin Nirini dalam kondisi terbakar, sulit untuk dilakukan otopsi.



Danilo Wenno



Sumber : papuanews.id

Tidak ada komentar