Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

ULMWP Dan KNPB Menggelar Aksi, Ini Tanggapan Pemerhati Papua

Jayapura - Pengamat Pembangunan Papua dan Pemerhati HAM Papua Dr. Etinus Murib, SH. MH. menanggapi aksi yang dilakukan oleh Kelompok United Liberation Movement For West Papua ( ULMWP ) dan Komite Nasional Papua Barat ( KNPB) yang digelar pada awal Desember kemarin di Papua. Senin (03/12/2018).

Aktivis ULMWP Dalam aksi 1 Desember 2018
Menurut Pengamat Papua tersebut aksi yang dilakukan oleh kelompok ULWMP dan KNPB Hanya membuang waktu percuma dan membodohi masyarakat asli Papua, masih banyak kegiatan dibulan Desember yang lebih bermartabat, seperti kegiatan yang dilakukan oleh walikota Jayapura kemarin hari Sabtu,  menjelang perayaan hari raya natal dan tahun baru pada awal bulan Desember dengan kegiatan Gerbang Natal yang diikuti oleh beberapa gereja di kota Jayapura, Tentunya hal tersebut bisa menjadikan tolak ukur dari aksi yang dilakukan oleh ULMWP dan KNPB, bukan menjadikan Tanah Papua menjadi damai, melainkan menjadikan tanah Papua yang dianggap rawan oleh pihak luar.

Dalam aksi yang dilakukan oleh ULMWP dan KNPB menjelang Natal dan Tahun Baru  tersebut tidak mendapatkan ijin dari pihak aparat keamanan, dan bisa menjadikan potensi ketidaknyamanan atau terganggunya masyarakat Papua saat menjalankan aktifitas, " Aksi yang dilakukan oleh ULMWP dan KNPB itu sudah merusak moral dan membodohi orang asli Papua, aksi yang tidak ada manfaat sama sekali, saya mendukung dan mengapresiasi dari pihak kepolisian yang menangani demo ULMWP dan KNPB dengan tindakan yang sangat baik dan tidak melanggar HAM," ucap Etinus.

Aksi tersebut juga dirayakan oleh mahasiswa Papua yang berdomisili diluar daerah Papua yang menjadikan catatan buruk bagi dunia pendidikan Tanah Papua, pasalnya Mahasiswa Papua adalah tugas dan tanggung jawab belajar dan membuat prestasi yang membanggakan bagi daerahnya yaitu Tanah Papua, namun lain daripada yang lain, mahasiswa Papua kali ini juga ikut dalam aksi yang di cetuskan oleh ULMWP pada 1 Desember kemarin seperti dikota kota besar yang ada di pulau Jawa, dan beberapa mahasiswa juga diamankan oleh pihak kepolisian yang diduga membawa atribut - atribut yang bertentangan dengan Ideologi Bangsa Indonesia, " Ya saya kemarin sempat melihat aksi demo mahasiswa yang ada di Jawa ,khusunya di Surabaya yang sempat diisukan adanya pelanggaran HAM, namun menurut pengamatan saya kemarin apa yang dilakukan oleh pihak kepolisian dari Jawa timur sudah sangat tepat dan sesuai dengan SOP dimana ada eskalasi tingkatan mahasiswa yang sudah berani melawan anggota kepolisian, jadi ada mahasiswa yang diamankan oleh pihak kepolisian dan kemarin sudah dibebaskan serta dibalikkan ke Universitas masing - masing," tutur pria yang baru menyelesaikan studi S3 nya tersebut.

Etinus menghimbau agar masyarakat asli Papua tidak terprovokasi dan pada bulan Desember ini masyarakat Papua agar merayakan hari Natal dan tahun baru dengan penuh suka cita dan hikmat serta melupakan stigma - stigma pemikiran masyarakat yang berkaitan dengan isu bulan Desember.


Danilo Wenno

Tidak ada komentar