Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

Kejar KKB, Polri Dan TNI Lakukan Penegakan Hukum

Jayapura - Menanggapi statement ketua dewan adat Papua (DAT) wilayah III Doberay, Mananwir Paul Ginseng Mayor yang menyatakan menolak operasi militer yang dilakukan di Nduga, Papua, Kabid Humas Polda Papua membantahnya.

Aparat Gabungan Polri - TNI di Bandara Mozes Kilangin

"Itu tidak benar,  tidak ada operasi militer yang dilakukan di Nduga, yang ada yaitu Penegakan Hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB)," Kata Kamal dalam releasenya.
Lebih lanjut kata Kombespol AM. Kamal, bahwa aparat gabungan Polri dan TNI sangat profesional dalam menangani persoalan ini, jangan ada yang membuat keruh situasi melalui pernyataan-pernyataan yang tidak ada faktanya.

Walaupun Wakil Presiden mendukung adanya operasi secara besar dan dukungan dari pemerintah Papua yang disampaikan oleh Doren Wakerkwa untuk dilakukan operasi secara nasional, namun ditegaskan oleh Kamal sampai saat ini aparat Polri dan TNI masih melakukan penegakan hukum.

Situasi Jalanan Di Kabupaten Nduga

"Kalaupun nantinya akan dilakukan operasi tentunya dibawah kendali polri bukan militer, kami sangat profesional, dan tidak melakukan penindakan terhadap masyarakat, kami punya SOP dan menjunjung HAM," terangnya.

Kamal juga mengatakan banyaknya dukungan dari pemerhati HAM, Aktivis, Akademisi, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Masyarakat untuk dilakukan operasi khusus di Nduga, nantinya akan dilihat dari situasi dan perkembangannya apa perlu dilakukan atau tidak.

Kabid Humas juga meminta kepada seluruh elemen jangan membuat pernyataan yang tidak sesuai fakta di media sehingga memperkeruh situasi, jangan mengaitkan tindakan yang dilakukan oleh KKB dengan politik ataupun dengan sejarah masa lalu, menurutnya ini adalah kejahatan murni yang harus diselesaikan secara hukum.

"Ini adalah tindakan kejahatan murni yang menghilangkan nyawa orang lain, sehingga  ini harus diselesaikan melalui jalur penegakan hukum, bukan operasi militer" ungkapnya.

Sampai saat ini, tim gabungan Polri dan TNI masih terus melakukan pengejaran terhadap KKB, dan ini didukung oleh masyarakat setempat, tidak ada penderitaan yang dirasakan oleh masyarakat di Nduga, bahkan mereka membantu aparat Polri dan TNI di sana, tuturnya.



Danilo Wenno




Tidak ada komentar