Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

Hendrik Yance Udam : Sejarah Membuktikan Pepera tahun 1969 sudah Final

Jayapura, Belakangan ini adanya berita kontroversi yang beredar terkait sidang Penentuan Pendapat Rakyat ( Pepera ) tahun 1969 yang diduga tidak mendapat suara dari masyarakat Papua, dalam artian masyarakat Papua ingin menentukan nasibnya sendiri.


Menilik kembali dari sejarah dan membuka mata buka hati bahwa sebelumnya, 2 Agustus 1969, rakyat Irian Barat (kini Papua), melalui Pepera yang dilaksanakan di bawah pengawasan PBB, memilih untuk bergabung dengan Indonesia ketimbang Belanda.

Dan Keputusan dalam sidang Pepera merupakan pelaksanaan dari Kesepakatan New York (New York Agreement) antara Indonesia dan Belanda di PBB, 15 Agustus 1962, yang dihadiri oleh beberapa pejabat utama pemerintahan Papua kala itu.

Dalam permasalahan tersebut mendapat tanggapan Hendrik Yance Udam selaku Ketua Umum Gerakan Cinta NKRI, yang mengatakan jangan memprovokasi masyarakat Papua dengan perihal tidak sahnya Pepera tahun 1969 dan ingin menentukan nasib sendiri.

" Kelompok - kelompok yang mengatasnamakan perjuangan Papua jangan memprovokasi masyarakat Papua, sudah tidak berpatisipasi dalam pembangunan Papua , teriak teriak merdeka lagi, apa yang mau diperjuangkan lagi? Kalau sidang Pepera itu sudah Final dari dulu, jangan asal ngomong saja kalau tidak tau sejarah Papua, dan jangan mengubah rujukan sidang Pepera tahun 1969 dengan alasan tidak sah."

Lanjut pria yang juga menjadi Tokoh Pemuda Papua juga menegaskan bahwa masyarakat Papua jangan terhasut dan termakan oleh isu - isu yang kerap dilontarkan oleh kelompok Benny Wenda ( ULMWP ), " mereka semua hanya memanfaatkan situasi dan keadaan di papua hanya untuk kelangsungan hidup mereka diluar negeri."  Tutupnya

Setelah dibuktikannya Pepera tahun 1969 yang final, diharapkan masyarakat Papua lebih memahami lagi sejarah Papua bersama NKRI, dan wajib diketahui oleh seluruh Generasi Muda Papua.



Danilo Wenno

Tidak ada komentar