Rabu, 15 Agustus 2018

Etinus Murib: Mahasiswa Papua Jangan Buat Aturan Sendiri Kalau Tidak Mau di Tindak

Sesuai instruksi walikota surabaya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh selama 5 hari berturut-turut mulai dari tgl 14-18 agustus 2018, mendapat perlawanan dari mahasiswa papua di jalan malasan 10 tambaksari surabaya,  Rabu 15/08/2018.



Perlawan mahasiswa papua ini bermula saat beberapa ormas yang terdiri dari Pemuda Pancasila, FKPPI,  Laskar Garuda, Kepolisian dan Koramil setempat  melakukan pemasangan Bendera Merah Putih  di wilayah tersebut. Hingga hari tadi siang Asrama Kamasan yang dihuni oleh mahasiswa asal papua belum memasang Bendera Merah Putih.

Sehingga ormas surabaya  melakukan pemasangan Bendera Merah Putih di depan Asrama tersebut, hal ini ditolak oleh beberapa mahasiswa dan terjadilah saling keributan adu mulut dan saling pukul, salah satu mahasiswa mengambil parang dan menyerang salah seorang ormas yang mengakibatkan tangan korban terluka.

Namun aksi ini dapat dihentikan dan kendalikan oleh aparat Kepolisian dan TNI yang mengawal aksi pemasangan Bendera Merah Putih.

Hal ini ditanggapi oleh Bapak Etinus Murib yang juga selaku pemerhati mahasiswa papua yang kuliah di luar.

Bapak Etinus saat diminta keterangannya terkait insiden ini mengatakan mahasiswa yang melawan dan tidak mau menaikan Bendera Merah Putih harus diperiksa dan di proses, ini sudah tidak  sesuai dengan nilai dan budaya orang papua. Orang Papua menurutnya punya budaya menghargai.

"Ini sudah salah dan sangat keliru, Polisi harus melakukan pemeriksaan terhadap mereka, mereka sudah melawan negara dan sudah sepatutnya di hukum," terang Etinus.

Lebih lanjut kata Etinus mereka yang tidak menghargai Bangsa Indonesia sebaiknya pergi dari tanah air indonesia, bangsa Indonesia terdiri dari sabang sampai merauke, dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 semua warga wajib memasang Bendera Merah Putih  baik di depan rumah, asrama, kantor maupun kendaraan tanpa terkecuali, tuturnya.



Danilo Wenno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar