Bingkai Papua

Bingkai Papua
Rangkuman Berita Papua Dalam Bingkai

Breaking News

Papua Bagian Dari NKRI Sejak era Pemerintah Presiden Ir. Soekarno

Jayapura,Sejarah sudah membuktikan bahwa Papua sudah masuk wilayah NKRI, Hal ini sudah tertulis di peta sejarah perjuangan NKRI dalam mengusir penjajah kolonial belanda yang berada di wilayah Provinsi Papua.
Perjalanan dalam merebut kembali tanah papua bukan hal mudah, sebelumnya Provinsi Papua dulu mencakup wilayah Papua bagian barat, pada masa pemerintahan bangsa kolonial belanda, wilayah tersebut di kenal dengan sebutan Nugini Belanda.

Sebelumnya keinginan rakyat papua bergabung dengan NKRI sudah muncul sejak pelaksanaanya Sumpah Pemuda  28 Oktober 1928, yang di hadiri oleh beberapa pemuda papua,

Banyak dari pihak - pihak asing yang mengintervensi dengan integrasi papua kedalam NKRI, dari anggapan tersebut bahwa banyak pihak luar yang belum paham sejarah bukti Papua bagian dari NKRI.

Pemerintah indonesia melaksanakan sidang penentuan pendapat rakyat ( Pepera) pada tahun 1969 yang di hadiri oleh generasi muda papua, dan hasil dari sidang tersebut bahwa Papua resmi menjadi bagian dari NKRI yang di sahkan oleh Presiden Ir Soekarno pada tahun 1969.

John Kogoya selaku aktivis papua menambahkan “ Provinsi Papua itu sudah menjadi bagian dari Indonesia sejak dulu , sejak zamanya Presiden Ir Soekarno, dan juga sudah terbukti di sidang PBB, yakni resolusi PBB no. 2504 yang di keluarkan langsung oleh majelis PBB tanggal 19 November 1969, jadi jangan ada lagi yang mempermasalahkan Papua, karena Papua sudah berdaulat dan berjuang bersama NKRI sejak dulu”.

“Kita disini sebagai penerus pahlawan terdahulu harusnya bersemangat dalam memajukan dan ikut mengembangkan Provinsi Papua kedepanya, apalagi Generasi Muda Papua sekarang juga harus ikut berperan aktif dalam membangun Papua, agar tidak tertinggal oleh daerah lainya, jadi kita kesanya juga tidak mau kalah oleh daerah lain, dan juga harus mempunyai semangat Nasionalisme, itu harus d tanamkan pada diri Generasi Muda Papua” Pungkasnya.

Tidak ada komentar